Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi PPID BRG (Pasal 10 P.13/2019):

  1. Menyediakan, mengklasifikasi dan menetapkan daftar Informasi Publik;
  2. Memberikan pelayanan informasi Publik yang cepat, tepat dan sederhana;
  3. Menyusun standar operasional prosedur pelaksanaan tugas dan kewenangan PPID BRG dalam rangka penyebarluasan Informasi Publik;
  4. Melakukan uji konsekuensi yang timbul sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai keterbukaan Informasi Publik;
  5. Menetapkan Informasi Publik yang dikecualikan sebagai Informasi Publik yang dapat diakses dalam hal:
    1. Telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat berdasarkan mekanisme keberatan;
    1. Telah dinyatakan terbuka bagi masyarakat berdasarkan sidang ajudikasi, putusan pengadilan, serta putusan mahkamah agung;
    1. Telah habis jangka waktu pengecualiannya; dan/atau
    1. Ditentukan oleh peraturan perundang-undangan;
  6. Mengkoordinasikan
    1. Pengumpulan seluruh informasi publik yang meliputi:
      1. Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala
      1. Informasi yang wajib diumumkan serta merta dan
      1. Informasi yang wajin tersedia setiap saat;
    1. Pengumpulan informasi publik yang dikecualikan;
    1. Pengumuman informasi publik melalui media yang secara efektif dan efisien dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan;
    1. Penyampaian informasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik, benar dan mudah dipahami;
    1. Pemenuhan permohonan informasi publik yang dapat diakses oleh publik;
    1. Pengklasifikasian informasi publik dan/ atau pengubahan pengklasifikasian informasi publik
    1. Permohonan keberatan di proses bedasarkan prosedur dan;
    1. Proses pemberian informasi publik di Badan Restorasi Gambut  berjalan dengan baik;
  7. Memberikan alasan tertulis atas pengecualian informasi publik, dalam hal permohonan infromasi publik ditolak;
  8. Melakukan penghitaman atau pengaburan materi informasi publik yang dikecualikan beserta alasannya;Menetapkan dan menugaskan petugas layanan informasi publik untuk membantu pelaksanaan tugas PPID BRG;
  9. Melakukan pengembangan kompetensi petugas layanan infromasi publik guna meningkatkan kualitas layanan informasi publik;
  10. Menggunakan system informasi PPID BRG dalam pengelolaan layanan Informasi Publik;
  11. Menyediakan dan memeliharan informasi publik yang mutakhir pada portal BRG dan sistem informasi PPID BRG;
  12. Membuat dan menyampaikan laporan setiap 6 (enam) bulan layanan informasi publik kepada penanggung jawab Pelayanan informasi publik BRG;
  13. Mengumumkan dan membuat laporan tahunan layanan informasi publik serta menyampaikan salinannya kepada KIP.